Fuel Trim

Fuel Trim

 . 
Fuel Trim adalah penyetelan yang dilakukan oleh ECU  terhadap fuel mixture untuk menjaga keseimbangan campuran bahan bakar dan udara. Fuel trim biasanya ditampilkan dalam PERSEN pada scantool.
Untuk menjaga emisi gas buang yang rendah, ECU berusaha untuk menjaga keseimbangan rasio bahan bakar dan udara sekitar 14.7 : 1. Jika rasio antara bahan bakar dan udara lebih kecil dari 14.7 : 1 ( contohnya 12 : 1 ) maka campuran dikatakan Gemuk / kaya. Campuran bahan bakar yang kaya dapat menghasilkan tenaga yang besar namun juga meningkatkan konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Sebaliknya, jika campuran bahan bakar lebih besar dari 14.7 : 1 ( contohnya 16 ), maka campuran dikatakan kurus. Campuran bahan bakr yang kurus mengurangi konsumsi bahan bakar namun dapat menaikkan emisi gas buang, jika  campuran bahan bakar dan udara terlalu kurus sehingga tidak dapat terbakar dan menyebabkan lean misfire.
ECU memonitor rasio bahan bakar dan udara melalui oksigen sensor yang dipasang pada ekshaust manifold. Oksigen snsor pada dasarnya adalh sebuh komponen yang berfungsi sebagai indikator campuran GEMUK atau KURUS. Jika mesin bekerja dengan campuran yang terlalu kurus ( terlalu banyak udara dan kurang bahan bakar ) , maka O2 sensor menghasilkan tegangan listrik yang kecil yang akan memberitahukan ECU bahwa mesin membutuhkan tambahan bahan bakar. Jika mesin bekerja dengan campuran yang terlalu kaya ( terlalu banyak bahan bakar ) , O2 sensor akan menghasilkan tegangan listrik yang tinggi yang akan memberitahukan ECU bahwa mesin bekerja dengan bahan bakar yang terlalu banyak, dan ECU akan mengurangi suplai bahan bakar. Pada mobil yang mempunyai Wide Ratio Air ? Fuel sensor ( WRAF ) atau A/F sensor,sensor dapat memberitahukan ECU campuaran bahan bakar dan udara yang tepat sehingga ECU dapat menambahkan atau mengurangi suplai bahan bakar sesuai keinginan.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Cari Blog Ini

Banner Promosi

banner